Rabu, 06 Januari 2010

Bangunan Antartika

Igloo (bahasa Inuit: iglu, Inuktitut syllabics: ᐃᒡᓗ, "rumah", bentuk jamak: iglooit atau igluit, tapi dalam bahasa Inggris umumnya igloo), atau snowhouse, adalah jenis tempat penampungan yang dibangun dari salju, awalnya dibangun oleh Inuit. Iglu adalah Inuit kata untuk rumah atau rumah yang dibangun dari bahan apapun, dan ini tidak terbatas hanya untuk snowhouses, tapi juga meliputi tenda tradisional, persetan rumah, rumah terbuat dari kayu apung dan bangunan modern.



Ketika mengacu ke snowhouse, iglo adalah tempat penampungan dibangun dari balok-balok salju, pada umumnya dalam bentuk kubah. Walaupun igloo biasanya terkait dengan semua Inuit, mereka sebagian besar dibangun oleh orang-orang dari Kanada 's Arktik Tengah dan Greenland' s Thule daerah.
Inuit lain orang cenderung menggunakan salju untuk melindungi rumah-rumah mereka yang terdiri dari tulang ikan paus dan kulit. Salju digunakan karena kantong-kantong udara yang terperangkap di dalamnya membuat sebuah insulator. Di luar, suhu dapat serendah -45 ° C (-49,0 ° F), tetapi di dalam suhu dapat berkisar dari -7 ° C (19 ° F) hingga 16 ° C (61 ° F) ketika dihangatkan oleh panas tubuh sendiri.

Salju yang digunakan untuk membangun igloo harus memiliki kekuatan struktural yang cukup untuk dipotong dan ditumpuk dalam cara yang sesuai. Salju terbaik untuk menggunakan untuk tujuan ini adalah salju yang telah ditiup angin, yang dapat digunakan untuk kompak dan berpaut dari kristal es. Meninggalkan lubang di salju di mana blok dipotong dari biasanya digunakan sebagai bagian bawah tempat penampungan. Kadang-kadang, sebuah terowongan pendek dibangun di pintu masuk untuk mengurangi hilangnya angin dan panas ketika pintu dibuka. Karena salju yang hebat sifat isolasi, dihuni iglo secara mengejutkan nyaman dan hangat di dalamnya. Dalam beberapa kasus satu balok es dimasukkan untuk memungkinkan cahaya ke dalam igloo.


Pandangan dr samping igloo diagram; membuka ke kanan, jendela opsional mungkin terdiri dari balok es. Kuning gelap menandakan tanah (yang bagaimanapun, juga mungkin es atau salju).


Arsitektur, yang Igloo gunakan unik karena berupa kubah yang dapat diangkat keluar dari blok independen bersandar pada satu sama lain dan dipoles agar sesuai tanpa struktur pendukung tambahan selama konstruksi. Igloo, jika dibangun dengan benar, akan mendukung berat satu orang yang berdiri di atas atap. Juga dalam tradisional Inuit panas dari kudlik (qulliq) (batu lampu) menyebabkan bagian dalam sedikit mencair, sehingga dapat membangun sebuah lapisan es dan berkontribusi terhadap kekuatan igloo. [5] The tidur Platform daerah mengangkat dibandingkan dengan di mana satu masuk ke dalam igloo. Karena udara panas naik dan udara dingin mengendap, area pintu masuk akan bertindak sebagai perangkap dingin sedangkan area tidur akan terus panas apa pun yang dihasilkan oleh kompor, lampu atau badan panas.


Ada tiga jenis tradisional igloo, semua ukuran yang berbeda dan semua digunakan untuk berbagai tujuan :
1. Ukuran terkecil dibangun sebagai tempat penampungan sementara, biasanya hanya digunakan untuk satu atau dua malam. Biasanya dibangun dan digunakan selama perjalanan berburu, sering pada terbuka lautan es.
2. Berikutnya dalam ukuran semi-permanen, berukuran antara keluarga tinggal. Biasanya satu ruangan hunian dapat menampung satu atau dua keluarga. Sering kali ada beberapa di daerah kecil, yang membentuk sebuah "Inuit desa".
3. Ukuran terbesar dari iglo biasanya dibangun dalam dua kelompok. Salah satu bangunan adalah bangunan sementara yang dibangun untuk kesempatan khusus, yang lain di dekatnya dibangun untuk hidup. Bangunan ini mungkin memiliki hingga lima kamar dan dapat ditempati hingga 20 orang. Igloo berukuran besar bisa juga dibangun dari beberapa igloo lebih kecil yang dihubungkan dengan terowongan, Common memberikan akses ke luar. Igloo ini digunakan untuk mengadakan pesta masyarakat dan tarian tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar